Monday, January 25, 2010

TUGAS
1. Internet adalah sebuah jaringan yang terdiri atas sejumlah komputer dan dapat saling terkoneksi dan berinteraksi(jaringan komputer luas yang menghubungkan pemakai komputer satu komputer dengan komputer lainnya dan dapat berhubungan dengan komputer dari suatu Negara ke Negara di seluruh dunia dimana didalamnya terdapat berbagai aneka ragam informasi)
2. Intranet adalah sebuah jaringan komputer berbasis IP seperti internet hanya saja digunakan dalam internal internet perusahaan, kantor, bahkan warung internet(sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya).
3. Perbedaan internet dan intranet adalah internet merupakan jaringan dari jaringan sedangkan intranet merupakan sebuah jaringan komputer berbasis IP seperti internet hanya saja digunakan dalam internal internet perusahaan, kantor, bahkan warung internet serta menggunakan semua protokol dan aplikasinya sehingga kita memiliki private internet.
4. Jaringan komputer adalah sebuah jaringan yang mengubungkan dua komputer atau lebih yang berada pada suatu gedung, sebuah kota, sebuah wilayah, dan secara global(sebuah system yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama).
5. Macam-macam jaringan berdasarkan jangkauan wilayahnya adalah


a. LAN : untuk area yang kecil misalnya pada sekolah,kampus, atau gedung
b. MAN : untuk area yang lebih luas dibandingkan LAN seperti bandara,
gabungan beberapa sekolah.
c. WAN : untuk kawasan yang lebih luas secara geografi, contoh
menghubungkan Indonesia dengan dunia.












6. Macam-macam topologi jaringan adalah
topologi bintang : topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna.
topologi cincin : topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin.
topologi bus : topologi yang banyak digunakan di awal penggunaan jaringan komputer karena topologi yang paling sederhana dibandingkan dengan topologi lainnya. Jika komputer dihubungkan antara satu dengan lainnya dengan membentuk seperti barisan melalui satu kabel(beberapa simpul/node dihubungkan dengan jalur data (bus) yang menyediakan 1 saluran untuk komunikasi semua perangkat sehingga setiap perangkat harus bergantian menggunakan saluran tersebut sehingga hanya ada 2 perangkat yang saling berkomunikasi dalam satu saat.).
topologi mesh : suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan.
topologi pohon : Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda.